Cara Efektif Mengobati Asam Urat

Beginilah Cara Mengobati Asam UratPenyakit asam urat atau yang disebut gout ini merupakan kondisi yang bisa mengakibatkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan serta rasa panas di persendian. Walaupun semua sendi di tubuh dapat terkena asam urat, akan tetapi yang paling sering terserang ialah sendi jari tangan, pergelangan kaki, lutut serta jari kaki. Memang laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat bila dibanding dengan perempuan, utamanya saat usia mereka di atas 30 tahun.

cara-efektif-mengobati-asam-uratNamun pada wanita, penyakit ini sering berisiko muncul setelah menopause. Orang yang terkena serangan penyakit asam urat ini terkadang akan merasa perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam yang pertama. Rasa sakit dapat berlangsung selama 3 sampai 10 hari. Pembengkakan ini memang tidak hanya terjadi di sendi, akan tetapi juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Dan pada tahap ini, para penderita bisa tidak mampu bergerak dengan leluasa.

Di Indonesia, orang sering salah kaprah menyamakan penyakit asam urat ini dengan rematik. Padahal rematik merupakan istilah umum yang di gunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang ada di persendian atau otot yang mengalami peradangan. Penyakit asam urat ini hanyalah salah satu yang menyebabkan nyeri pada persendian. Mengenali gejala dan juga tanda pada gout bisa membantu seseorang membedakan dengan nyeri sendi yang di karenakan oleh kondisi lain. Banyak orang mengira jika kadar asam urat di dalam darah tinggi maka akan terkena gout. Sebab hal ini tidak benar, sebab hanya sekitar 1/3 penderita hiperurisemia yang juga mengalami gout.

Gejala nyeri dan juga pembengkakan pada penyakit asam urat ini di karenakan oleh tusukan kristal-kristal yang tajam di sekitar sendi yang terbentuk sebab penumpukan zat asam urat. Seseorang yang gemar konsumsi makanan dengan kandungan asam urat yang tinggi misalnya jeroan, daging merah, hidangan laut serta seseorang yang gemar konsumsi minuman beralkohol yang akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat. Bahkan selain itu, penyakit ini juga sangat rawan dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi maupun penyakit ginjal kronik. Menurut penelitian, seseorang yang mempunyai keluarga penderita penyakit asam urat juga bisa terkena kondisi sama. Dengan kata lain, penyakit ini sifatnya genetik juga.

Baca Juga :  Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Temuilah dokter bila anda merasakan gejala penyakit asam urat. Dan dalam melakukan diagnosis, dokter nantinya akan melakukan pemeriksaan maupun tes untuk memastikan adanya kristal natrium urat yang ada di persendian. Hal ini perlu dilakukan sebab ada jenis penyakit lain yang dapat mengakibatkan gejala menyerupai penyakit asam urat. Pemeriksaan kadar asam urat yang ada di dalam darah juga biasanya dilakukan. Dan sebelum anda melakukan tes, pertama-tama dokter akan bertanya seputar :

  1. Lokasi sendi yang sering terasa sakit
  2. Seberapa seringnya anda mengalami gejala dan seberapa cepat gejala muncul
  3. Obat-obatan tertentu yang tengah anda konsumsi
  4. Riwayat penyakit asam urat yang ada di keluarga anda
  5. Penanganan penyakit asam urat
  6. Penanganan penyakit asam urat mempunya dua sasaran utama, yakni meringankan gejalanya serta mencegah serangan terulang kembali.

Dan untuk meringankan gejala penyakit asam urat, anda dapat menempelkan kantong es di bagian sendi yang terasa sakit. Anda juga dapat konsumsi obat pereda rasa sakit, misalnya seperti colchicine, OAINS atau obat anti-inflamasi nonsteroid serta obat-obatan golongan steroid. Sedangkan untuk mencegah munculnya serangan penyakit asam urat, anda dapat konsumsi obat penurun kadar asam urat seperti allopurinol. Bahkan selain itu, anda diharuskan pula untuk menjauhi makanan pemicu penyakit asam urat dan segera menurunkan berat badan. Utamakanlah makanan rendah kalori demi mendukung upaya untuk memperoleh berat badan ideal.

Kombinasi obat-obatan dari dokter dan juga perilaku hidup sehat umumnya terbukti ampuh dalam menurunkan kadar asam urat dan juga melarutkan kristal tajam yang telah terbentuk. Dengan mencampur kombinasi tersebut, maka diharapkan pasien penyakit asam urat tidak lagi mengalami kambuh. Walaupun penyakit asam urat ini jarang menimbulkan komplikasi, akan tetapi tetap patut di waspadai.

Baca Juga :  Dua Jenis Obat Asam Ura tyang Umum di Lakukan

Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi, di antaranya ialah timbulnya benjolan keras atau tofi di sekitar area yang mengalami radang. Kerusakan sendi permanen ini sebab radang yang terus berlangsung dan juga tofi di dalam sendi yang merusak tulang rawan dan tulang sendi itu sendiri. Selain itu kerusakan permanen ini terkadang terjadi pada kasus penyakit asam urat yang diabaikan hingga bertahun-tahun. Batu ginjal yang di karenakan oleh pengendapan asam urat yang bercampur dengan kalsium yang ada di dalam ginjal.

Mengobati asam urat memang tidak hanya bisa dilakukan lewat pengobatan dokter saja, sebab kamu pun dapat memakai beberapa bahan alami untuk mengatasi penyakit ini. Beginilah Cara Mengobati Asam Urat berikut ini :

  1. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Obat asam urat yang tradisional pertama ialah dengan konsumsi vitamin C. Jenis vitamin satu ini memang cukup efektif dalam mengatasi peradangan sendi yang muncul dengan tiba-tiba. Bahkan kandungan antioksidannya ini juga sudah terbukti mampu meringankan rasa nyeri dan mencegah efek buruk radikal bebas. Memang sejauh ini sumber vitamin C yang paling tinggi dipegang oleh jambu. Maka dari itu, jangan lewatkan jus jambu dengan rutin pada saat pagi hari. Akan tetapi jika tidak ada, kamu juga masih dapat konsumsi buah jeruk dan juga buah kiwi, sebab mereka dua juga mempunyai kandungan vitamin C yang tidak kalah tingginya.

  1. Konsumsi Cuka Madu

Mungkin masih terasa asing pada saat kamu membaca cuka madu. Memang di Arab Saudi cuka madu ini disebut juga dengan propolis, terkadang obat asam urat ini banyak dijual oleh para pedagang obat herbal. Propolis memang merupakan kumpulan resin lebah yang dapat membantu memberi sifat basa yang dalam tubuh, sehingga sangat cukup efektif untuk menetralkan asam urat yang sangat tinggi.

  1. Mengobati Asam Urat dengan Daun Salam
Baca Juga :  Ciri Asam Urat Dan Kolesterol

Daun salam ini terkadang banyak di pakai oleh para ibu rumah tangga pada saat sedang memasak. Daun ini dapat memberi aroma masakan yang khas dan juga lezat. Selain bermanfaat untuk masakan, ternyata kandungan kalium yang berada di dalam daun salam ini terbukti dapat menurunkan kadar asam urat dengan sangat cepat.

  1. Obat Asam Urat Daun Sosor Bebek

Cara mengobati asam urat yang terakhir yang dapat di lakukan ialah dengan daun sosor bebek, cengkeh, jahe dan juga kawan-kawannya. Racikan herbal ini juga sudah terbukti secara turun temurun efektif dalam mengatasi asam urat. Bahkan jika kamu konsumsi rutin juga sangat efektif sekali dalam menjaga daya tahan. Pertama siapkanlah bahannya dulu misalnya seperti 5 butir dari cengkeh, dan 5 butir dari kapulaga dengan 4 lembar dari daun sosor bebek dan satu jari dari kayu manis, 5 gram biji pala, 10 gram jahe serta air 600 ml. Rebus bahan tersebut menggunakan dengan 600ml air sampa tersisa setengahnya.

Biasanya dalam waktu seminggu saja nyeri sendi yang disebabkan asam urat juga akan berangsur sembuh.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *