Cara Mengobati Asam Urat

cara-efektif-mengobati-asam-uratCara Mengobati Asam UratAsam urat memang salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik pria dan wanita pun bisa mengalami masalah penyakit ini. Mungkin asam urat bukanlah jenis penyakit yang mematikan, akan tetapi bagi penderitanya tentu sangat tidak mengenakan apabila menderita penyakit ini.

Maka dari itu, banyak orang yang mencari cara mengobati asam urat tersebut, baik yang menggunakan pengobatan alami maupun dengan memerikasakan diri ke rumah sakit. Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi informasi kepada anda semua mengenai cara mengobati asam urat.

Namun sebelum itu, kita kenali dulu tentang apasih sebenarnya penyakit asa urat ini ? bagaimana ciri-cirinya ? dan apa penyebabnya ? sehingga dengan begitu bagi kita yang sehat bisa lebih mawas diri nantinya.

Penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan, rasa panas, hingga pembengkakan pada bagian persendiran. Meski secara logika semua sendi yang berada didalam tubuh bisa terserang asam urat, namun penyakit asam urat ini yang paling sering menyerang pada bagian sendi jari tangan, jari kaki, pergelangan kaki, hingga lutut.

Menurut data yang ada, ternyata laki-laki itu lebih rentan terkena penyakit asam urat ini dibandingkan perempuan, terutama untuk mereka yang berusia diatas 30 tahun. Untuk perempuan, biasanya akan terserang asam urat ini pada saat setelah menopause.

Seseorang yang terserang penyakit asam urat ini, biasanya mereka akan merasakan perkembangan gejala yang sangat cepat. Rasa sakit ini nantinya ini bisa berlangsung cukup lama, yakni sekitar 3 – 10 hari. Untuk pembengkakannya sendiri tidak hanya pada bagian sendi saja, namun pada bagian daerah sendi juga akan muncul warna kulit menjadi memerah. Jika sudah begini, maka penderita asam urat tidak akan mampu bergerak leluasa.

Baca Juga :  Cara Mengobati Asam Urat dengan Obat Herbal Alami

Di Indonesia sendiri, ternyata masih banyak orang yang salah kaprah mengenai penyakit asam urat ini dengan rematik. Padahal menurut ilmu kedokteran, rematik ini merupakan rasa sakit yang terjadi pada persendian maupun otot yang mengalami peradangan.

Sementara untuk penyakit asam urat ini, merupakan salah satu penyebab dari nyeri pada bagian persendian. Dengan mengenali gejala serta tanda-tanda dari penyakit asam urat ini, maka anda bisa mencari tahu cara mengobatinya nanti.

Kebanyakan orang menilai jika kadar asam urat didalam darah sedang tinggi (hiperurisemia), maka seseorang bisa terserang penyakit asam urat ini. Namun faktanya setelah dilakukan penelitian, hal tersebut tidak lah benar, dikarenakan hanya 1/3 penderita hiperurisemia ini akan mengalami asam urat.

Penyebab penyakit asam urat

Rasa nyeri dan juga pembekakan yang terjadi pada persendian ini dikarenakan oleh sebuah tusukan kristal-kristal yang tajam dan berada disekitar sendi, kristal ini terbentuk sebagai akibat dari penumpukan zat asam urat yang ada pada tubuh anda.

Seseorang  yang sering sekali mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam urat tinggi, seperti contohnya jeroan, daging merah, maupun hidangan laut. Dan untuk mereka yang gemar mengkonsumsi minuman beralkohol, juga sangat beresiko tinggi terseranmg penyakit asam urat ini.

Selain itu, penyakit asam urat juga sangat rawan untuk mereka yang mengalami obesitas, diabetes, penyakit ginjal kronik, dan juga hipertensi. Menurut penelitian yang ada, untuk anda yang memiliki keluarga penderita penyakit asam urat, maka juga beresiko akan terserang penyakit tersebut. dengan kata lain, penyakit asam urat juga ada kaitanya dengan faktor genetik juga.

Gejala penyakit asam urat

Ada beberapa gejala yang akan anda alami jika terserang penyakit asam urat ini, seperti contohnya sendi tiba-tiba merasakan sakit terutama pada jempol kaki, merupakan salah satu gejala penyakit asam urat yang paling umum terjadi.

Baca Juga :  2 Pilihan Obat Tradisional Asam Urat yang Ampuh dan Efektif

Biasanya, untuk penderita yang mengalami gejala ini akan kesulitan untuk berjalan karena rasa sakit yang diderita sangatlah mengganggu. Meskipun bisa kapan saja terjadi, namun gejala umumnya muncul pada saat malam hari.

Tidak hanya pada sendi bagian jempol kaki saja, namun sendi-sendi lain yang terletak dibagian ujung anggota badan bisa juga terkena asam urat ini. Contohnya pada bagian pergelangan kaki, lutut, telapak kaki tengah, pergelangan tangan, hingga siku.

Biasanya, rasa nyeri ini akan berkembang dengan sangat cepat hanya dalam rentan waktu beberapa menit saja. Rasa nyeri yang sangat hebat dan disertai dengan adanya pembengkakan serta rasa panas akan anda alami jika asam urat ini menyerang anda.

Pada umunmya, serangan asam urat ini terjadi dalam rentan waktu 3 – 10 hari. Saat gejala mereda, maka pembengkakan pun akan mengempes nantinya, dan kulit yang terserang asam urat tadi akan nampak bersisik nantinya.

Baca Juga : Faktor Penyebab Asam Urat Yang Perlu Anda Ketahui

Meskipun serangan asam urat ini bisa reda dengan sendirinya, namun anda tidak boleh menyepelekannya begitu saja, karena bisa jadi nanti gejalanya akan menyerang anda kembali. Pengobatan harus tetap anda lakukan untuk mengurangi resiko kambuh lagi yang lebih parah. Selain itu juga untuk mengurangi resiko menyerang pada bagian sendi lainnya yang bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada sendi.

Temuilah dokter spesialis yang menangani masalah asam urat seperti ini, dalam melakuakn diagnosa nantinya dokter tersebut akan melakukan pemeriksaan kepada anda untuk memastikan keberadaan kristal-kristal yang berada pada bagian persendian,

Hal ini memang sangat perlu untuk dilakukan karena nantinya dikhawatirkan ada jenis penyakit lain yang gejalanya menyerupai asam urat ini. Biasanya dokter juga akan melakukan pemeriksaan kadar asam urat didalam darah juga nantinya.

Baca Juga :  Inilah Ciri Ciri Asam Urat Dan Kolesterol

Cara Mengobati Asam Urat

Untuk menangani masalah asam urat ini, ada dua metode yang bakalan dilakukan oleh para dokter nantinya. Yang pertama adalah meredakan rasa nyeri dan selanjutnya mencegah asam urat ini terulang kembali.

Untuk meringankan gejala serangan asam urat, anda bisa melakukan cara sederhana yakni dengan menempelkan kantong yang berisi dengan es pada bagian sendi yang terserang oleh asam urat tersebut. atau anda juga bisa melakukan pengobatan dari dalam yakni dengan mengkonsumsi obat pereda sakit, seperti colchicine, obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS), atau obat-obat dari golongan steroid.

Lalu untuk mencegah gejala asam urat ini kembali menyerang, maka anda bisa mengkonsumsi obat penurun kadar asam urat, sepeti contohnya allopurinol. Tidak hanya mengkonsumsi obat saja, namun anda juga diharuskan menjauhkan diri dari mengkonsumsi makanan penyebab asam urat ini muncul dan juga silahkan kurang berat badan anda.

Sangat dianjurkan untuk makan makanan rendah kalori untuk mendukung asupan nutrisi yang seimbang dan mendapatkan berat badan ideal. Kombinasi berbagai macam obat dari resep dokter serta melakukan budaya hidup sehat sangat ampuh untuk mengobati asam urat ini. Dengan kombinasi tersebut maka diharapkan penderita asam urat tidak akan mengalaminya lagi.

Demikian informasi dari kami tentang cara mengobati asam urat, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu memecahkan masalah anda. Terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *