Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Bagaimana cara mengobati asam urat? Pertanyaan tersebut dapat dikatakan sebagai pertanyaan umum yang akan selalu dimiliki oleh setiap orang. Ya, pasalnya jenis penyakit seperti penyakit asam urat memang dapat menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Tidak hanya pada kalangan dengan usia lanjut, namun juga dapat menyerang mereka yang masih berusia muda.

Gout atau yang lebih dikenal dengan sebutan penyakit asam urat adalah sebuah penyakit yang menyerang persendian. Penderita penyakit asam urat akan merasakan nyeri serta sakit yang cukup kuat pada bagian persendian. Hal tersebut disebabkan oleh penumpukan kristal purin yang menusuk di area persendian.

Mengobati Asam Urat

Sehingga menyebabkan pembengkakan hingga menimbulkan rasa nyeri dan sakit di bagian persendian. Kristal-kristal tersebut terbentuk dari kadar zat asam urat yang berlebihan di dalam tubuh yang sebagian besarnya berasal dari makanan. Adapun faktor penyebab lainnya dari penyakit asam urat ini adalah faktor genetik atau keturunan.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Lalu, bagaimana cara menyembuhkannya? Hingga saat ini tentu saja sudah terdapat cukup banyak metode dan cara untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Mulai dari pengobatan medis modern hingga menggunakan cara-cara alami yang memanfaakan ragam bahan herbal alami. Bagi Anda yang penasaran, berikut ini adalah beberapa cara mengobati asam urat secara alami yang dapat dicoba.

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Bersifat Basa

Makanan yang bersifat basa seperti sayur, buah, biji-bijian, dll, memang diyakini cukup efektif dalam melarutkan kadar asam urat yang terdapat di dalam ginjal. Pada dasarnya, zat purin yang masuk ke dalam tubuh akan di proses di dalam ginjal dan dikeluarkan melalui urine pada nantinya.

Namun pada penyakit asam urat, kadar purin yang berlebihan tidak mampu di proses oleh ginjal hingga akhirnya menumpuk di persendian dan mengkristal. Disinilah fungsi makanan yang bersifat basa, jenis makanan ini akan membantu melarutkan kadar asam urat berlebihan di dalam ginjal dan mengeluarkannya ke dalam bentuk urine.

  1. Perbanyak Asupan Vitamin C

Salah satu zat yang diketahui dapat menghancurkan kristal asam urat yang menumpuk di persendian adalah vitamin C. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat membantu mengatasi radang yang terjadi di persendian karena penyakit asam urat. Beberapa contoh makanan yang dapat di konsumsi adalah buah jambu, jeruk, dan kiwi.

  1. Memenuhi Kebutuhan Mineral Tubuh

Salah satu cara alami lain yang dapat dicoba untuk melarutka kadar asam urat berlebihan di dalam tubuh adalah dengan memenuhi asupan mineral tubuh. Yakni dengan mengkonsumsi air mineral minimal 8 hingga 10 gelas setiap harinya. Dengan asupan mineral yang cukup, maka berbagai toksin/racun yang terdapat di dalam ginjal akan ikut keluar melalui urine, termasuk zat purin atau kadar asam urat berlebih.

  1. Ramuan Cengkeh dan Ubi Jalar

Adapun ramuan herbal alami yang dapat dicoba untuk menurunkan kadar asam urat berlebihan di dalam tubuh yakni ramuan dari cengkeh dan ubi jalar. Kandungan yang terdapat di dalam bahan alami tersebut ternyata diyakini efektif untuk mengatasi penyakit asam urat. Adapun cara membuatnya yakni :

  • Siapkan 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, kayu manis sebesar 1 jari tangan, 5 gram biji pala, 15 gram jahe merah, 1000 ml/1 liter air, serta kurang lebih 200 gram ubi jalar.
  • Pertama-tama, cuci bersih seluruh bahan yang telah disiapkan tadi.
  • Siapkan panci dan rebus bahan-bahan tadi dengan 1000 ml air.
  • Biarkan airnya mendidih dan airnya surut menjadi kurang lebih 500 ml.
  • Angkat dan dinginkan terlebih dahulu. Kemudian saring dan langsung di konsumsi selagi hangat.
Baca Juga :  Makanan Yang Menyebabkan Asam Urat

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai beberapa cara mengobati asam urat secara alami yang dapat dicoba. Untuk mengatasi penyakit tentu saja tidak harus selalu menggunakan cara modern dan oat-obatan medis saja, melainkan juga dapat diatasi dengan menggunakan cara dan obat alami.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *