Faktor Penyebab Asam Urat Yang Perlu Anda Ketahui

Faktor Penyebab Asam Urat –  Penyebab asam urat tinggi selain makanan juga dapat dari faktor eksternal yang tak dapat anda duga sebelumnya. Asam urat adalah bahan kimia yang dihasilkan saat tubuh memecah zat yang disebut dengan purin. Purin bisa ditemukan dalam beberapa minuman dan makanan seperti ikan asin, hati, kacang kering, kacang polong, ikan kembung dan bir. Setelah diproduksi, asam urat akan larut dalam darah lalu melewati ginjal, kemudian sebagian besar untuk meninggalkan tubuh saat buang air kecil.

faktor-penyebab-asam-urat

Sebenarnya penyebab asam urat tinggi ada banyak, seseorang yang mempunyai tingkat asam urat yang tinggi bisa disebabkan saat tubuh menghasilkan asam urat yang sangat baik walapun ketidakmampuan organ ginjal dalam menghilangkan asam urat secara cepat.

Tingkat asam urat tinggi juga bisa menyebabkan beberapa orang dalam mengembangkan gagal ginjal. Dan beberapa orang dengan kadar asam urat yang tinggi juga mengalami tekanan darah yang tinggi, penyakit ginjal kronis atau penyakit jantung. Faktor Penyebab Asam Urat tinggi dalam darah Anda meliputi:

Pertama,  jenis kelamin. Pria beresiko lebih besar mengalami gejala serangan asam urat dibandingkan dengan wanita. Hal tersebut disebabkan oleh hormon esterogen pada wanita dapat menurunkan kadar asam urat dan juga memperlancar pembuangannya melalui ginjal. Kadar asam urat pada tubuh pria meningkat saat masa puber.

Kedua,  faktor usia. Sebagian besar asam urat terjadi pada orang-orang yang usianya antara 40 sampai 50 tahun. Pada wanita, penyakit ini pada umumnya terjadi setelah mengalami masa menopause.  Penyakit asam urat jarang terjadi pada remaja dan anak-anak.

Ketiga, riwayat keluarga. Seseorang yang mengalami asam urat lebih memungkinkan mewariskan hal yang sama untuk keturunannya kelak.

Baca Juga :  Inilah Ciri Ciri Asam Urat Dan Kolesterol

Keempat, konsumsi obat–obatan. Jenis obat-obatan dipercaya mampu mengembangkan resiko gangguan asam urat, diantaranya yaitu mengkonsumsi obat-obatan diuretik misalnya seperti thiazide biasanya digunakan untuk mengobati gagal jantung kongestif, tekanan darah tinggi dan kondisi lain.

Mengkonsumsi aspirin dengan dosis yang rendah setiap hari yang biasanya digunakan mencegah serangan stroke dan jantung. Mengkonsumsi obat anti-penolakan misalnya cyclosporine yang dikonsumsi setelah transplantasi organ. Mengkonsumsi levodopa yang biasanya digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson. Mengkonsumsi niacin yang digunakan dalam meningkatkan HDL dalam darah.

Baca Juga : Beberapa Obat Asam Urat Alami

Kelima, minum terlalu banyak alkohol. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol dengan dosis yang sedang sampai tinggi sebanyak satu gelas perhari untuk wanita, dua gelas per hari untuk pria bisa meningkatkan potensi resiko gangguan asam urat. Konsumsi bir sangat berpotensi meningkatkan resiko gangguan asam urat. Bahaya alkohol juga bisa menyebabkan penyakit yang paling mematikan di dunia seperti kanker dan jantung.

Keenam, diet. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin yang tinggi seperti : jeroan (hati, ginjal), daging merah, teri, ikan kalengan, asparagus, ikan haring, kacang, jamur dan kembang kol bisan mengembangkan resiko gangguan asam urat.

Ketujuh, konsumsi minuman yang terlalu manis. Penelitian menunjukkan bahwa minuman yang terlalu manis  atau pun minuman yang memiliki kandungan fruktosa tinggi bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit asam urat. Fruktosa merupakan zat gula alami pada buah-buahan.

Itulah informasi tentang faktor penyebab asam urat yang perlu anda ketahui. Untuk itu anda harus menjalankan pola hidup yang sehat. Semoga bermanfaat !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *