Tanda Dan Gejala Asam Urat

Tanda Dan Gejala Asam Urat – Asam urat merupakan penyakit yang tidak hanya diderita oleh orang yang telah berumur 40 tahun keatas, ada pula orang yang berumur 35 tahun namun  telah terkena penyakit asam urat. Ada banyak faktor yang menyebabkan penyakit asama urat, seperti pola makan yang tak teratur.

Pola makan yang tak teratur ini termasuk juga mengkonsumsi sembarangan makanan. Memilih jenis makanan yang dikonsumsi menjadi salahsatu hal yang perlu untuk dilakukan, hindari makanan mengandung purin yang terlampau tinggi. Contoh makanan yang memiliki kandungan purin terlampau tinggi seperti makanan laut serta jeroan. Bila mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi secara tidak terkontrol, maka bisa mengakibatkan naiknya kadar asam urat dalam tubuh.

tanda-dan-gejala-asam-uratAsam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang dikonsumsi tubuh. Purin sendiri merupakan zat yang berasal dari makhluk hidup dan ada dalam tiap bahan makanan. Sehingga bila kita mengkonsumsi makanan seperti daging ayam maka purin dalam ayam tersebut akan juga termakan kemudian masuk ke tubuh manusia. Namun purin juga ditemukan dalam tumbuhan tertentu.

Bila keadaan tubuh normal dan mengkonsumsi purin, maka asam urat sisa metabolisme akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urine. Bila asam urat secara berlebihan masuk pada ginjal maka akan sulit untuk mengeluarkan asma urat tersebut. Kemudian pada persendian akan timbul bengkak yang disebabkan oleh asam urat yang berkumpul pada persendian, sehingga orang yang menderita asam urat umumnya akan mengalami nyeri serta sulit berjalan.

Untuk mengantisipasi asama urat tersebut, ada baiknya kita mengetahui gejalanya. Maka simaklah beberapa Tanda Dan Gejala Asam Urat berikut ini:

  1. Persendian terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan, bengkak serta kemerahan disebabkan asam urat yang mulai meradang.
  2. Nyeri di persendian yang terjadi saat pagi hari setelah bangun tidur ataupun saat malam hari dapat menajdi salah satu gejala asam urat.
  3. Nyeri di persendian yang terjadi dengan berulang-ulang.
  4. Nyeri pada persendian tangan, kaki, tumit, dan siku.
  5. Bila nyeri sudah sangat sakit biasanya penderita menjadi kesulitan dalam bergerak.
Baca Juga :  Beberapa Obat Asam Urat Alami

Baca Juga : Faktor Penyebab Asam Urat Yang Perlu Anda Ketahui

Untuk lebih mengetahui pasti tidaknya mengenai Gejala Penyakit Asam Urat, lebih baik segera kita memeriksakan diri pada dokter ataupun tes laboratorium agar mengukur kadar asam urat. Kadar asam urat yang normal untuk pria adalah antara 3,5 sampai 7 mg/dl, sedangkan kadar asam urat bagi wanita sekitar 2,6 sampai 6 mg/dl. Umumnya bagi penderita penyakit asam urat yang mempunyai kecenderungan untuk mempunyai penyakit lain seperti ginjal, hipertensi, serta diabetes bila tidak ditangani dengan segera.

Selain mengetahui gejalanya, lebih baik bila kita mengetahui penyebab asam urat juga. Adanya penumpukan kristal asam urat yang pada jaringan ikat dapat menyebabkan asam urat yag tinggi. Asam urat akan berkumpul serta mengkristal di persendian yang selanjutnya mengakibatkan tanda-tanda dan gejala peradangan dan juga pembengkakan atau dalam istilah medisnya asam urat yang terlalu banyak pada aliran darah uang disebut juga dengan hyperuricemia.

Untuk mencegah peradangan berlebihan pada persendian, ada baiknya menghindari makan makanan jeroan, makanan laut, makanan ekstrak daging, makanan yang telah dikalengkan, makanan berbahan daging, makanan yang berasal dari unggas, kacang-kacangan. Hindari pula sayuran tertentu seperti kembang kol, asparagus, bayam, buncis, daun singkong, jamur kuping, daun pepaya serta kangkung.

Ada pula jenis makanan yang perlu dihindari seperti telur, keju, krim, es krim, kaldu ataupun kuah daging yang sangat kental. Bahkan ada pula buah yang dapat mengakibatkan asam urat tinggi sepeti durian, air kelapa, serta nanas.

Demikianlah ulasan mengenai Tanda Dan Gejala Asam Urat. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *